Kamis, 11 Juli 2013

Berternak Kenari Bagi Pemula

Tidak jarang sebagian orang masih beranggapan berternak kenari adalah sesuatu yang sulit, padahal apabila kita amati burung kenari adalah salah satu burung yang paling cepat beradaptasi terhadap lingkungan maupun pengaruh cuaca, tahan terhadap penyakit dan tidak mudah stres.
Disamping itu tidak memerlukan modal banyak, dan tidak pula butuh lahan luas. Sepasang kenari hanya butuh tempat 40 cm x 50cm x 60cm. Namun yang pasti, karena yang dihadapi adalah mahluk hidup yang punya naluri dan keinginan, maka perhatian, kesabaran, keuletan dan ketelatenan menjadi syarat yang harus dimiliki oleh peternak. Disamping itu tentu secara umum pengetahuan tentang kenari itu sendiri perlu dipahami. walaupun pemahaman ini bisa didapatkan sambil menjalaninya.

Hanya saja pengetahuan dasar seperti kenari jantan atau betina termasuk usia burung produktif, kiranya pemahaman tersebut tidak bisa diabaikan, karena disinilah awal berhasil atau tidaknya berternak kenari yang ingin kita wujudkan kelak.
Sering kita mendengar keluhan sepasang burung kenari yang sudah di beli ternyata; tidak mau berjodoh, atau berjodoh tapi tidak mau bertelor, bertelor tapi tidak menetas, menetas tapi anaknya mati sebelum dewasa dst.
Oleh karenanya bimbingan seorang teman yang sudah berternak lebih dulu yang dianggap telah berhasil adalah pilihan yang sangat bijaksana. Walaupun pada akhirnya setiap peternak akan mempunyai pola masing-masing dengan cara yang berbeda-beda, sesuai dengan pengalamannya sendiri, namun tentu bagi pemula akan sangat diperlukan sebagai pengetahuan dasar.
Disamping itu dapatkan sepasang kenari , jantan atau betinanya yang dua duanya siap untuk dikawinkan. Atau minimal mengetahui usia masing-masing burung sehingga dapat diketahui kapan burung tersebut harus dikawinkan.
Pada umumnya penjual burung dengan pengalamannya akan mengetahui usia burung yang dijual walaupun sebatas kira-kira berdasarklan pengalaman. Namun bagi peternak yang produksinya selalu memakai RING biasanya setiap anakan yang dihasilkan, akan dibukukan dan dicatat nomor ring, tanggal lahir burung dan keturunaannya.
Dari pengalaman dapat diketahui usia siap kawin bagi betina antara umur 5 - 6 bulan, sedangkan untuk pejantan antara usia 7 - 8 bulan adalah usia yang ideal .


Pemilihan Warna Bulu Kenari
Daya tarik burung kenari selain memiliki suara sangat indah yang selalu riang dengan suara merdu dan mampu bernyanyi sepanjang hari. Namun kenari memiliki pula aneka warna bulu yang beraneka ragam dan mengagumkan.
Dimasyarakat kita harga burung kenari dipengaruhi oleh suara dan warna, warna merah adalah warna yang paling disuka, sehingga harganyapun jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan kenari warna lainnya.
Jadi memilih indukan yang akan kita ternak tentu tergantung pada tujuan berternak itu sendiri. Bila tujuannya sekedar hobi dan hiburan maka sepasang kenari wana hijau, kuning atau orange sudah cukup. Teapi bila tujuannya dibarengi dengan unsur komersial maka berternak kenari merah adalah pilihan tepat untuk saat ini, mengingat harga jual burung kenari merah jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan burung kenari warna lain, sedangkan investasi biaya termasuk biaya operasional , perawatan dan kendala yang dihadapi, untuk semua jenis kenari lokan adalah sama.
Jadi secara ekonomis berternak kenari merah, akan lebih menguntungkan dibanding dengan kenari warna lainnya.

1 komentar:

  1. Surga Kenari | Surganya Jual-Beli Kenari!

    CV. MAJU BERSAMA - Pengerajin Sangkar Burung (Solo) & Penangkaran Bandung Kenari. Jual Segala Jenis Kenari & Sangkar Burung.

    Melayani Harga Partai & Eceran.

    List Ready Stock : http://surgakenari.blogspot.com/

    Alamat Penangkaran: Jl. Pinang No.29. Rt/Rw 08/06. Kecamatan Koja. Kelurahan Lagoa. Jakarta Utara 14270.

    Petunjuk Arah: Tol Yossudarso arah pelabuhan Tg. Priok, turun prapatan pemadam kebakaran atau SMP N 30, lewat pasar rawa badak dan ikuti mobil angkot kwk 07 warna merah -/+ 400m sampai di Jl. Pinang No.29 (depan masjid nurud dakwah ada Indomaret pinang raya).

    Google Map: http://goo.gl/DOW38O

    Kontak: (SMS) 0219 4044 791 | (TELP) 0813 8351 8844

    Blog: http://surgakenari.blogspot.com

    YM: isnannugrahlastiko

    FB: fb.com/surganyakenari

    G+: gplus.to/SurgaKenari

    BalasHapus