Selasa, 04 September 2012

contoh kandang kenari


TIDAK ADA ROTAN AKARPUN BERGUNA
(Jagan terkecoh, aslinya tidak seindah fotonya)

Kandang dengan dimensi P x L x T = 80 x 40 x 40 (setiap kotak) berbahan besi ini adalah prototype yg jika memungkinkan akan dikembangkan untuk mengganti kandang-kandang ternak berbahan kayu.

Designnya sengaja di buat multi fungsi, selain sebagai kadang ternak bisa juga untuk kandang umbaran. Jadi sementara indukan baru blom nambah, anakan dari induk yg lain bisa belajar terbang di kandang ini.

Tiap sekat alas bawahya dapat dilepas, hingga 2 kandang yang disatukan, maka jadilah kandang umbaran. Tentu saja ini hanya cocok untuk kenari.

Bermula dari membaca sebuah iklan tentang kandang ternak yg terbuat dari alumunium, tentu saja bagus dan apik. Nah itulah yang saya cari-cari, krn dengan menggunakan kandang berbahan alumunium akan terbebas dari karat dan serangan hewan pengerat, alias tikus. Sayang harganya selangit.


Lalu saya coba-coba cari tahu info tentang harga besi ukuran 2 x 2 cm. Hitung punya hitung ternyata dengan 3 batang besi dengan panjang @ 6 meter sudah memadai untuk dijadikan kandang ternak, malah bisa untuk 4 kotak.

Jadi inget lnget lagu jaman kecil dulu :

Ku ambil buluh sebatang,
Ku raut dan kutimbang dengan benang
Kujadikan layang-layang.

Ambil pensil dan kertas lalu kurancanglah kotak,. Setelah ketemu ukuran yg pas, kupotong besi-besi itu dan lalu ku bawa ke tukang las. Jelas lebih murah donk, krn tukang las tidak meminta upah membuat kandang tp hanya minta upah ngelas. Beda bukan ?

Silahkan di coba, biaya keseluruhan hanya menghabiskan ¼ nya bila dbanding membeli kandang jadi berbahan alumunium.

Agak berat memang tapi tdk terlalu, kelebihannya kokoh. Dipasangi roda di tiap kakinya tentu lebih portable.
 

1 komentar: