Selasa, 04 September 2012

Pemasteran Kenari

para hobiis kenari tentunya ingin koleksinya mempunyai suara yang layak di pertandingkan. tapi yang saya ketahui sepertinya tidak ada kriteria suara yang di sepakati,yang ada hanya materi/isian suara dari seekor burung kenari tentunya. hal tersebut tidak terlepas bagaimana pemasteran yang dilakukan.
apa benar kenari berbadan bongsor, Yorkshire misalnya, lebih lamban di banding kenari mungil ? Lalu, bagaimana nasibnya kenari turunan Yorkshire, lamban juga ? Menurut pendapat para senior begitu, katanya.

Saya kira fakta itu mungkin benar.

Otot gerak yang membentuk Kenari bongsor dan mungil tersusun dari protein yang sama, padahal beban yang harus digerakan oleh otot tersebut berbeda.

Persoalannya adalah, seberapa lamban kenari-kenari bongsor itu ? Jangan-jangan kenari-kenari bongsor yang kita miliki jauh lebih lamban ?

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa fungsi otot akan mengalami penurunan kemampuan karena jarang digunakan atau karena penggunaannya tidak maksimal.
Kekuatan otot lengan kanan kita jauh lebih besar dibanding otot lengan kiri, karena kita lebih sering menggunakan tangan kanan. Fakta ini sebanding dengan kasus pada tangan kidal, karena mereka yg kidal lebh banyak memfungsikan tangan kirinya.

Pada burung-burung peliharaan, jelas gerak mereka menjadi terbatas sehingga sangat boleh jadi kemampuan geraknya mengalami penurunan. Di perparah lagi jika sangkar-sangkar yang mengurung mereka sangat kecil.

Dalam rangka itulah, kandang umbaran dengan dimensi
P x L x T = 200 cm x 70 cm x 180 cm sy gunakan untuk MEDIA LATIH OTOT dan pertumbuhan badan. Bukan saja otot-otot tubuhnya yang tumbuh secara maksimal, tetapi juga dapat menyempurnakan otot - otot pernapasan. Suara dapat tercipta dari shiring (selaput suara), tetapi volume, irama dan panjang pendeknya suara berkaitan dengan volume pernapasan.

Agar efektif, maka selama masa umbar itu sekalian diberikan pemasteran. Pemasteran dilakukan siang (pukul 05.00 - 17.00) dan malam ( pukul 17.00 - 22.00).
Untuk jadwal siang sebagian blacktrhoat dibuka krodong ditempatkan berdekatan dengan kandang umbaran, sementara sebagian blackthroat yang lain dikerodong dan ditempatkan di ruang agak gelap untuk istirahat setelah mereka memaster pada malam harinya.

Oh ya, para gerombolan F1YS dalam kandang umbaran itu dimaster sejak piyikan dan kini mereka sudah berusia antara 3,5 s/d 5,5 bulan. Perlu 2 - 3 bulan lagi untuk masa-masa umbar dan pemasteran ini.

Upaya sudah dilakukan, waktulah yang akan membuktikan.
semoga bisa membantu.

1 komentar: